29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman

Selayaknya mode pakaian, dengan semakin populernya fungsi taman sebagai salah satu elemen keindahan sebuah hunian, trend mode tanaman penghias taman rumah pun selalu bergeser dari tahun ke tahun. Kalau beberapa tahun yang lalu pinang merah menjadi simbol status pemiliknya, HONAE TAMAN maka kini pinang merah menjadi sangat mudah dijumpai di mana saja dengan harga relatif rendah.

Sebaliknya tanaman-tanaman yang dulu hanya tumbuh liar di kampung-kampung, hutan dan pantai menjadi rebutan konsumen tanaman hias dengan harga berlipat mulai puluhan ribu sampai jutaan rupiah. Berikut adalah beberapa tanaman eksklusif yang pernah dan masih menjadi trend tanaman penghias taman.

Berikut 29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman


1. Asam Jawa


Pohon Asam Jawa - Klasifikasi tamarindus indica, tamarindus indica l, tamarindus indica asam merupakan tumbuhan yang termasuk dalam famili, tamarindus indica seed, tamarindus indica familia, tamarindus indica flower, tamarindus indica bonsai, tamarindus indica medicinal uses - 29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias TamanKlasifikasi tamarindus indica, tamarindus indica l, tamarindus indica asam merupakan tumbuhan yang termasuk dalam famili, tamarindus indica seed, tamarindus indica familia, tamarindus indica flower, tamarindus indica bonsai, tamarindus indica medicinal uses

Nama Latin : Tamarindus Indica
Nama Lain : Tamarind
Family : Leguminosae

Keterangan dan Sejarah : Semula pohon ini banyak ditanam sebagai pohon penghijauan di sepanjang jalan. Mempunyai karakter batang yang kuat dan sering dijadikan bahan bonsai. Saat ini tanaman tropis Afrika ini mulai populer sebagai tanaman penghias taman. Tinggi dapat mencapai 25 m. Buah polongnya berwarna cokelat sepanjang rata-rata 10 cm, dengan daging buah yang rasanya masam. Daunnya kecil-kecil, panjang 2 cm, berbunga kuning pucat berukuran 2 cm dengan garis merah.

Kegunaan (Fungsi) : Dengan bonggol yang artistik ditunjang bentuk yang rimbunnya daun, tanaman ini dapat ditanam pada sisi dinding semen berelief alami atau di pinggir kolam di antara batu-batu alam.

2. Bambu Jepang


Bambu Jepang - harga bambu jepang, bambu jepang hias, bambu jepang untuk pagar, bambu jepang dracaena surculosa, jual bambu jepang, bambu cina, nama latin bambu jepang, bambu jepang wikipedia, chimonobambusa quadrangularis suow, chimonobambusa quadrangularis plants, chimonobambusa quadrangularis invasive -  29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman
harga bambu jepang, bambu jepang hias, bambu jepang untuk pagar, bambu jepang dracaena surculosa, jual bambu jepang, bambu cina, nama latin bambu jepang, bambu jepang wikipedia, chimonobambusa quadrangularis suow, chimonobambusa quadrangularis plants, chimonobambusa quadrangularis invasive

Nama Latin : Chimonobambusa quadrangularis
Nama Lain : Japanese Bamboo, Bambu Cina
Famili : Gramineae

Keterangan dan Sejarah : Bambu ini berasal dari Cina dan Jepang. Dapat tumbuh tinggi mencapai 10 m. Daunnya berukuran 5 – 15 cm dan lebar 2 cm, berwarna hijau dengan urat-urat daun yang sejajar. Daun-daun tumbuh memancar membentuk tajuk yang padat, bercabang rapat serta menjuntai panjang. Batangnya berwarna tembaga setebal sekitar 2 cm.

TAMAN DALAM-Kegunaan (Fungsi) : Bambu yang rimbun ini sering dijadikan screen pada dinding tembok yang tinggi. Selain itu ia dapat ditanam di pagar yang berfungsi sebagai pembatas. Bambu cantik ini juga dapat ditanam di antara batu-batuan di pinggir kolam.

3. Bambu Kuning


Bambu Kuning - bambu kuning bertuah, manfaat bambu kuning, bambu kuning untuk pagar, cara menanam bambu kuning, klasifikasi bambu kuning, bambu buta, harga bambu kuning, bambu kuning kaskus - 29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman - honaylandscape.blogspot.combambu kuning bertuah, manfaat bambu kuning, bambu kuning untuk pagar, cara menanam bambu kuning, klasifikasi bambu kuning, bambu buta, harga bambu kuning, bambu kuning kaskus

Nama Latin : Phyllostachys sulphurea
Nama Lain : Yellow running bamboo, moso bamboo

Keterangan dan Sejarah : Bambu dengan warna batang kuning tua ini berasal dari Jepang dan China. Dapat mencapai tinggi 4 – 9 m dan diameter batangnya dapat mencapai 8 cm. Daunnya berwarna hijau sepanjang 12 cm dengan lebar 2 cm. Bagian bawah daun berwarna hijau kebiruan dan gagang daun berwarna keunguan. Susunan daunnya yang melengkung menjadi kombinasi menarik dengan batang kuning emas.

Kegunaan (Fungsi) : Bambu cantik ini sangat bagus ditanam berkelompok sepanjang jalan masuk sebagai pengarah. Selain itu, bambu kuning akan mengurangi kesan kaku bila ditanam pada sisi dinding yang tinggi. Kesan alami akan lebih kuat dengan serumpun bambu kuning di antara batu-batuan di pinggir kolam.

Postingan Terkait: Tukang Taman Tuban

4. Beringin


Bonsai Beringin - ciri-ciri pohon beringin, fungsi pohon beringin, manfaat pohon beringin, pohon beringin putih, pohon beringin kembar, pohon beringin download, filosofi pohon beringin, nama latin pohon beringin - 29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman - honaylandscape.blogspot.comciri-ciri pohon beringin, fungsi pohon beringin, manfaat pohon beringin, pohon beringin putih, pohon beringin kembar, pohon beringin download, filosofi pohon beringin, nama latin pohon beringin

Nama Latin : Ficus benjamina
Nama Lain : Weeping fig
Famili : Moraceae

Keterangan dan Sejarah : Tanaman tropis ini tumbuh besar, tingginya mencapai 7 – 8 m, dan semakin tua tajuknya semakin lebar. Daun-daun berwarna hijau mengkilap, berbentuk oval, panjang 8 – 10 cm. Tanamaan menghasilkan akar-akar udara yang menggantung dari dahan-dahannya. Ia tumbuh baik pada kondisi kering, tanah berdrainase baik, dan mendapat cahaya matahari penuh.

Kegunaan (Fungsi) : beringin yang di alam bisa tumbuh besar ini, sering digunakan sebagai elemen tanam dalam bentuk bonggol. Beringin bonggol tampak artistik, dan cocok ditanam tunggal sehingga keindahannya lebih menonjol. Ia sering digunakan pada taman-taman bergaya Jepang.

5. Beringin Karet


Beringin Karet - fungsi pohon beringin, manfaat pohon beringin, pohon beringin putih, pohon beringin kembar, pohon beringin download, filosofi pohon beringin, nama latin pohon beringin, ciri-ciri pohon beringin - 29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman - honaylandscape.blogspot.comfungsi pohon beringin, manfaat pohon beringin, pohon beringin putih, pohon beringin kembar, pohon beringin download, filosofi pohon beringin, nama latin pohon beringin, ciri-ciri pohon beringin

Nama Latin : Ficus retusa
Nama Lain : Chinese banyan
Famili : Moraceae

Keterangan dan Sejarah  : Beringin yang satu ini memiliki batang besar dan bisa tumbuh tinggi. Daunnya tebal, bergetah, berbentuk oval sampai agak bundar, panjang 8 – 10 cm, hijau, permukaannya mengkilap. Susunan daun padat, membentuk tajuk kompak dan mudah dipangkas serta dibentuk. Tanaman ini berasal dari China bagian selatan, di daerah subtropis.

JASA TAMAN-Kegunaan (Fungsi) : Beringin karet dalam bentuk bonggol sangat pas untuk taman-taman bergaya Jepang. Ia lebih sesuai ditempatkan tunggal agar keindahannya lebih tampak, dengan aksen tanaman-tanaman kecil di bawahnya.

6. Beringin Putih


Beringin Putih - pohon beringin putih, pohon beringin kembar, pohon beringin download, filosofi pohon beringin, nama latin pohon beringin, ciri-ciri pohon beringin, fungsi pohon beringin, manfaat pohon beringin - 29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman - honaylandscape.blogspot.compohon beringin putih, pohon beringin kembar, pohon beringin download, filosofi pohon beringin, nama latin pohon beringin, ciri-ciri pohon beringin, fungsi pohon beringin, manfaat pohon beringin

Nama Latin : Ficus Benjamina “Variegata”
Nama Lain : Beringin varigata, Variegated mini-rubber
Famili : Moraceae

Keterangan dan Sejarah  : Yang membedakan beringin ini dengan lainnya adalah daunnya yang berbelang-belang hijau putih atau kuning gading, permukaannya halus, mengkilap. Daun berbentuk elips, berujung lancip, panjangnya 6 – 8. Tanaman tropis ini berasal dari Florida dan Kalifornia, Amerika Serikat.

Kegunaan (Fungsi) : Beringin putih yang masih kecil tampak indah, meskipun tidak dipangkas. Dan ada juga yang ditanam dalam bentuk bonggol-bonggol berbatang besar. Ia bisa ditempatkan di salah satu sudut taman atau sebagai eye catcher di tengah taman. Atau dikombinasi dengan tanaman lain yang berwarna kontras.

Postingan Terkait: Tukang Taman Gresik

7. Bugenvil


Bugenvil - klasifikasi bougainvillea glabra, tanaman bougainvillea glabra, bougainvillea spectabilis, bougainvillea glabra medicinal uses, bougainvillea glabra description, habitat of bougainvillea glabra, bougainvillea glabra choicy, bugenvil bougainvillea glabra - 29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman - honaylandscape.blogspot.comklasifikasi bougainvillea glabra, tanaman bougainvillea glabra, bougainvillea spectabilis, bougainvillea glabra medicinal uses, bougainvillea glabra description, habitat of bougainvillea glabra, bougainvillea glabra choicy, bugenvil bougainvillea glabra

Nama Latin : Bougainvillea glabra
Nama Lain : Bunga Kertas
Famili : Nyctaginaceae

Keterangan dan Sejarah  : Bila sedang berbunga, tanaman tropis dari Brazil ini bagai karangan bunga yang ditanam di tanah. Tajuknya akan penuh oleh bunga berwarna-warna, tergantung varietasnya. Kelopak bunga terdiri atas 3 lembar daun pelindung yang umumnya berwarna keunguan sampai pink atau putih.

Kegunaan (Fungsi) : Bunga-bunganya yang cerah dan “ramai” akan memberikan variasi yang lain pada taman bila ditanam di antara hijaunya dedaunan, ditambah oleh bonggol yang menarik. Dapat ditanam di pinggir kolam atau di antara tanaman pangkas-pangkasan lainnya. Bila ditanam di antara border di sisi jalan masuk akan memberi kesan lembut dan “menyambut”.

8. Cemara Kipas

Cemara Kipas klasifikasi tanaman cemara kipas, ciri ciri cemara kipas, nama ilmiah cemara kipas, jual cemara kipas, cemara pinsil, cemara kipas wikipedia, nama latin cemara kipas, cemara kipas rawa - 29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman - honaylandscape.blogspot.com

klasifikasi tanaman cemara kipas, ciri ciri cemara kipas, nama ilmiah cemara kipas, jual cemara kipas, cemara pinsil, cemara kipas wikipedia, nama latin cemara kipas, cemara kipas rawa

Nama Latin : Thuja occidentalis “Emerald”
Nama Lain : American arbor-vitae, White cedar
Famili : Coniferae

Keterangan dan Sejarah  : Sosoknya menyerupai piramida yang dapat mencapai tinggi 20 m. Daunnya berwarna hijau gelap dan hijau kekuningan pada bagian ujung, tersusun menipis serta menyirap mirip kipas. Batangnya cokelat kemerahan dan cabang-cabangnya muncul dekat pangkal batang. Cabang-cabang ini tersusun padat seperti pada paku-pakuan namun lebih besar. Memiliki bau khas cemara yang kuat. Buah kerucutnya muncul saat muda dan menggantung dengan warna cokelat sepanjang 2 cm bila telah tua.

Kegunaan (Fungsi) : Cemara ini dapat ditanam berderet sepanjang pagar baik di luar maupun di dalam halaman, sehingga dapat berfungsi sebagai pembatas dan “pemahat” angin. Pada taman yang luas, deretan cemara kipas di sepanjang jalan masuk akan memberikan kesan pengarah yang kuat.

9. Cemara Lilin


Cemara Lilin, cemara tretes, cupressus sempervirens, moraceae tanaman cemara lilin cupressus sempervirens, budidaya cemara lilin, cemara lilin wikipedia, cemara lilin harga, beli cemara lilin, nama latin cemara lilin - 29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman - honaylandscape.blogspot.comtanaman cemara lilin cupressus sempervirens, budidaya cemara lilin, cemara lilin wikipedia, cemara lilin harga, beli cemara lilin, nama latin cemara lilin

Nama Latin : Cupressus sempervirens
Nama Lain  : Cemara tretes, Mediterranean cypress
Famili : Moraceae

Keterangan dan Sejarah  : Cemara yang ramping ini berasal dari Eropa Selatan, Asia Barat, dan India Utara. Cemara klasik ini banyak disebut oleh banyak disebut oleh penulis-penulis Roma dan Yunani. Cabang-cabangnya sangat pendek hingga sosoknya ramping meninggi, tapi tidak selalu membentuk tajuk yang tebal. Dapat mencapai ketinggian 20 m. Daun berwarna hijau gelap bersusun bertingkat pada batang yang ujungnya mengecil.

Kegunaan (Fungsi) : Sosoknya yang tegak mengesankan suasana formal. Karena ia biasa ditanam berderet atau trio di sisi pagar dan jalan masuk yang di sekelilingnya ditanam border. Dapat juga ditanam berderet pada sisi dinding atau tembok untuk menghilangkan kesan kaku, dan biasanya ujung tajuk dipangkas dan dibentuk.

Post Terkait: Tukang Taman Jombang

10. Cemara Udang / Cemara Laut



Cemara udang, Cemara laut, australian pine, horsetail tree, casual aquisetifolia - deskripsi casuarina equisetifolia, cemara laut casuarina equisetifolia, casuarina equisetifolia classification, casuarina equisetifolia pdf, casuarina equisetifolia images, sinonim casuarina equisetifolia, perbanyakan casuarina equisetifolia, kategori casuarina equisetifolia - 29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman - honaylandscape.blogspot.comdeskripsi casuarina equisetifolia, cemara laut casuarina equisetifolia, casuarina equisetifolia classification, casuarina equisetifolia pdf, casuarina equisetifolia images, sinonim casuarina equisetifolia, perbanyakan casuarina equisetifolia, kategori casuarina equisetifolia

Nama Latin : Casuarina equisetifolia
Nama Lain : Australian pine, Horsetail tree
Famili : Casuarinaceae

harga cemara udang, bibit cemara udang, cara pembibitan cemara udang, perawatan cemara udang, pohon cemara udang, jual bonsai cemara udang, cara membuat bonsai cemara udang, manfaat cemara udang

Keterangan dan Sejarah  : Cemara ini populer sebagai bahan bonsai. Banyak tumbuh di daerah pantai dan memiliki batang yang artistik. Mungkin karena batangnya yang besar dan pendek berbenjol-benjol itulah ia disebut cemara udang. Daunnya seperti kawat dan berduri, berwarna hijau keabu-abuan. Cemara udang banyak didatangkan dari Pulau Madura.

Kegunaan : Lekuk dan warna batang yang hitam serta susunan daunnya memberikan komposisi yang menawan, sehingga sangat pas sebagai salah satu elemen taman bergaya Jepang. Biasanya ia ditanam di antara bukit-bukit taman berumput maupun pada taman batu. Agar keindahannya terlihat utuh, cemara udang ditanam tunggal atau beberapa pohon secara tersendiri.

11. Dracena Drako


Dracena Drako, dragon tree. liliaceae - dracaena draco care, perawatan dracaena draco, tanaman dracaena draco, dracaena draco seeds, dracaena draco cuttings, dracaena draco plant, dracaena draco propagation, dracaena draco houseplant, dracaena marginata - 29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman - honaylandscape.blogspot.comdracaena draco care, perawatan dracaena draco, tanaman dracaena draco, dracaena draco seeds, dracaena draco cuttings, dracaena draco plant, dracaena draco propagation, dracaena draco houseplant, dracaena marginata

Nama Latin : Dracaena draco
Nama Lain : Dragon tree
Famili : Liliaceae

Keterangan dan Sejarah  : Tanaman subtropis yang artistik ini berasal dari Pulau Canary. Sosoknya dapat mencapai ketinggian 20 cm dengan diameter tajuk mencapai 4,5 m. Tanaman muda sangat dekoratif dengan susunan daun roset membentuk tajuk yang rapat. Daun berbentuk pedang, tebal, dengan permukaan halus berwarna hijau kebiruan. Pinggirannya tembus cahaya dan berwarna merah gelap bila ditimpa sinar matahari. Ada kepercayaan bahwa resin merah tua yang dikeluarkan daun dan batangnya adalah darah naga.

Kegunaan (Fungsi) : Komposisi tajuk yang menarik ini cocok dipilih sebagai pengisi sudut taman. Selain itu ia dapat juga dijadikan sentral pada taman yang luas dengan menambahkan bedding plant di sekitarnya.

12. Furcraea Gigantea Variegata


Furcraea Gigantea Variegata - furcraea gigantea variegata, furcraea gigantea mediopicta, furcraea foetida white, agave furcraea foetida, furcraea gigantea furcraea gigantea striata - 29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman - honaylandscape.blogspot.comfurcraea gigantea variegata, furcraea gigantea mediopicta, furcraea foetida white, agave furcraea foetida, furcraea gigantea furcraea gigantea striata

Nama Latin : Furcraea gigantea Striata
Nama Lain : –
Famili : Amaryllidaceae

Keterangan dan Sejarah  : Tanaman tropis ini berasal dari Brazil. Daunnya berbentuk pedang, kaku, dengan permukaan licin, sepanjang 45 – 60 cm. Ujungnya runcing dan kadang-kadang tajam seperti duri. Daunnya cantik dengan garis-garis memanjang berwarna hijau cerah serta kuning gading. Daun bersusun roset terbuka lebar.

Kegunaan (Fungsi) : Warnanya yang menarik ini dapat dijadikan eye catcher pada taman dengan menanamnya pada sentral taman baik tunggal maupun berkelompok. Dapat juga ditanam berderet pada sisi pagar atau tembok. Pada taman berkontur kesan kaku dapat dihilangkan dengan menambahkan Furcraea di bagian-bagian tertentu.

Tulisan Terkait - Tukang Taman Mojokerto

13. Juniperus Chinensis


Juniperus Chinesis - juniperus chinensis stricta, juniperus chinensis bonsai care, acer palmatum, juniperus chinensis blue point, juniperus chinensis kaizuka, juniperus chinensis care, juniperus chinensis spartan, juniperus chinensis nursery - 29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman - honaylandscape.blogspot.comjuniperus chinensis stricta, juniperus chinensis bonsai care, acer palmatum, juniperus chinensis blue point, juniperus chinensis kaizuka, juniperus chinensis care, juniperus chinensis spartan, juniperus chinensis nursery

Nama Latin : Juniperus chinensis “Torulosa”
Nama Lain : Chinese dragon, Hollywood juniper, Twisted Juniper.
Famili : Coniferae

Keterangan dan Sejarah  : Cemara dari Jepang ini sangat artistik. Percabangannya tumbuh tak beraturan mencapai ketinggian 5 m. Cabang-cabang ini menarik dengan efek memelintir. Daunnya yang kecil berwarna hijau pada batang yang berwarna cokelat. Buahnya berbentuk buah berry berdiameter 5 – 7 mm. Sewaktu muda berwarna hijau laut dan kebiruan, dan cokelat gelap bila telah tua.

Kegunaan (Fungsi) : Cemara cantik ini dapat ditanam berderet di sisi pagar atau sebagai pengganti pembatas pada taman tanpa pagar. Banyak ditanam trio sebagai latar belakang deretan tanaman pangkas-pangkasan yang pendek, hingga keindahannya terlihat jelas.

14. Kaktus Batang

Kaktus Batang - euphorbia canariensis wiki, euphorbia canariensis care, euphorbia canariensis propagation, euphorbia canariensis plant, euphorbia canariensis sale, euphorbia characias - 29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman - honaylandscape.blogspot.com

euphorbia canariensis wiki, euphorbia canariensis care, euphorbia canariensis propagation, euphorbia canariensis plant, euphorbia canariensis sale, euphorbia characias

Nama Latin : Euphorbia canariensis
Nama Lain : Hercules Club
Famili : Euphorbiacae

Keterangan dan Sejarah  : Kaktus besar ini tingginya mencapai 10 m. Batang bersudut 5 atau 6 dengan warna hijau segar kecoklelatan. Pada puncak sudut batang terdapat duri-duri berwarna kehitaman. Ia dapat tumbuh baik dalam kondisi panas dan cahaya matahari penuh. Memiliki bunga-bunga kecil berwarna kuning. Getahnya mengandung racun.

Kegunaan (Fungsi) : Karena tanaman ini cukup artistik tapi berduri, sebaiknya tidak ditanam di dekat jalan masuk atau daerah banyak orang lalu-lalang di taman. Ia dapat ditanam di pinggir kolam, di antara batu-batu alam atau pada sisi pagar. Bila ditanam dalam sekelompok tanaman lain, pada bagian depannya ditanam border dengan komposisi yang disesuaikan dengan elemen taman lainnya.

15. Kurma

Kurma - kurma phoenix dactylifera, klasifikasi phoenix dactylifera, phoenix dactylifera blog, tanaman phoenix dactylifera, nama latin tanaman kurma phoenix dactylifera medicinal uses, phoenix dactylifera wiki, phoenix dactylifera health benefits, phoenix dactylifera etymology - 29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman - honaylandscape.blogspot.com

kurma phoenix dactylifera, klasifikasi phoenix dactylifera, phoenix dactylifera blog, tanaman phoenix dactylifera, nama latin tanaman kurma phoenix dactylifera medicinal uses, phoenix dactylifera wiki, phoenix dactylifera health benefits, phoenix dactylifera etymology

Nama Latin : Phoenix dactylifera
Nama Lain : Palem bulu, date palm
Famili : Palmae

Keterangan dan Sejarah  : Keluarga palmae ini biasa hidup di daerah tropis kering dan subtropis yang cukup sinar matahari. Sosoknya mirip kelapa sawit tapi berbatang lebih ramping, rata-rata berdiameter 40 cm. Umurnya panjang melebihi 100 tahun dengan tinggi mencapai 15 – 20 m. Daun berwarna hijau kebiruan tersusun dari anak-anak daun yang sempit, berjajar pada tangkai daun yang mencapai panjang 6 m. Susunan daun yang kompak membentuk tajuk yang indah.

Kegunaan (Fungsi) : Palem besar ini cocok dipilih sebagai elemen pada taman yang luas. Dapat ditanam di sudut taman, bagian tengah taman dengan hamparan rumput, atau sebagai background sekelompok tanaman dengan susunan bergradasi. Bila ditanam pada sisi jalan masuk akan memberi kesan agung, kokoh, dan resmi.

Tulisan Terkait : Tukang Taman Kalimantan

16. Lantana Camara


Lantana Camara - lantana camara (bunga tahi ayam), lantana camara pdf, klasifikasi lantana camara, axonopus compressus, lantana camara description, lantana camara l, lantana camara leaf, deskripsi lantana camara - 29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman - honaylandscape.blogspot.comlantana camara (bunga tahi ayam), lantana camara pdf, klasifikasi lantana camara, axonopus compressus, lantana camara description, lantana camara l, lantana camara leaf, deskripsi lantana camara

Nama Latin : Lantana camara
Nama Lain : Shurb verbena, Yellow sage
Famili : Verbenaceae

Keterangan dan Sejarah  : Semak berbunga ini dapat dibentuk sehingga memiliki tajuk penuh bunga yang indah. Bunga majemuk berwarna kuning, pink, merah dan orange, serta kombinasi warna-warna tersebut ada pada satu tanaman. Panjang daun 2 – 5 cm, permukaannya kasar serta pinggiran bergerigi. Cabang-cabangnya segitiga dengan sedikit duri.

Kegunaan (Fungsi) : Kombinasi warna bunga pada satu tanaman yang menghiasi tajuk dengan bonggol batang sangat sesuai ditanam pada sentral taman. Warna-warninya menjadi eye catcher di antara elemen taman lainnya.

17. Palem Bactris Gasipaes


Palem Bactris gasipaes - identify garden plants, rock garden plants, garden decor, indoor plants, garden plants bible, garden plants png, garden plants vs zombies, garden plants list - 29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman - honaylandscape.blogspot.comidentify garden plants, rock garden plants, garden decor, indoor plants, garden plants bible, garden plants png, garden plants vs zombies, garden plants list

Nama Latin : Bactris gasipaes
Nama Lain : Peach palm, palem duri
Famili : Palmae

Keterangan dan Sejarah  : Batang palem tropis di Kosta Rika dan Amazon ini ditumbuhi duri-duri tajam seperti jarum. Duri-duri ini tumbuh pada salur-salur yang teratur melingkari batang. Daun-daunnya ramping berwarna hijau agak tua. Di kiri kanan tangkai daun juga terdapat daun-daun berukuran 5 – 10 cm, berbulu dan memelintir. Buahnya seperti buah peach menggelantung dan biasanya dapat dimasak sebagai sayur.

Kegunaan (Fungsi) : Palem ini lebih cocok ditanam berderet pada halaman yang luas di sisi pagar. Dapat juga ditanam di sisi dinding yang tinggi atau di pinggir kolam pada bagian tepi dinding. Karena batangnya yang berduri ini, sebaiknya ia tidak ditanam di sisi jalan masuk atau tempat lain yang banyak orang lalu-lalang di taman.

18. Palem Botol


Palem Botol - tanaman hyophorbe lagenicaulis, klasifikasi hyophorbe lagenicaulis, jenis palem, harga palem botol, palem merah, palem kipas, klasifikasi tanaman palem, deskripsi palem botol, harga pohon palem botol, palem botol merah - 29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman - honaylandscape.blogspot.comtanaman hyophorbe lagenicaulis, klasifikasi hyophorbe lagenicaulis, jenis palem, harga palem botol, palem merah, palem kipas, klasifikasi tanaman palem, deskripsi palem botol, harga pohon palem botol, palem botol merah

Nama Latin : Hyophorbe lagenicaulis
Nama Lain : –
Famili : Palmae

Keterangan dan Sejarah  : Palem ini termasuk unik. Batangnya membentuk gembungan yang mengecil pada bagian atasnya hingga mirip botol. Daun berwarna hijau dan kaku. Satu pohon biasanya hanya terdiri dari 4 – 6 pelepah daun. Semakin tinggi, gembungan batangnya juga semakin memanjang. Karangan bunganya berbentuk tanduk dengan buah berwarna orange sampai hitam. Sensitif pada kondisi dingin dan menyukai kondisi cahaya matahari penuh.

Kegunaan (Fungsi) : Palem yang banyak dipilih oleh landscaper ini selain digunakan pada sentral taman juga bisa sebagai latar depan. Tujuannya agar keindahan botol batangnya dapat terlihat penuh tanpa tertutup tanaman lain. Cocok ditanam tunggal sehingga sosoknya terlihat utuh. Bila ditanam mengapit jalan masuk akan menampilkan kesan ramah.

Tulisan Terkait : Tukang Taman Surabaya

19. Palem Putri

Manila Palm - palem putri wikipedia, tumbuhan palem putri, harga palem putri, nama latin palem putri, palem putri (veitchia merillii), biji palem putri - 29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman - honaylandscape.blogspot.com

palem putri wikipedia, tumbuhan palem putri, harga palem putri, nama latin palem putri, palem putri (veitchia merillii), biji palem putri

Nama Latin : Veitchia merrillii
Nama Lain : Manila Palm, Christmas Palm
Famili : Palmae

Keterangan dan Sejarah  : Palem tropis ini berasal dari Filipina dan menyebar ke daerah tropis lainnya. Tingginya mencapai 7 m, berwarna abu-abu dengan kumparan pelepah daun berwarna hijau terang. Daunnya lebat berwarna hijau gelap berbulu melengkung indah. Lebih dipercantik lagi oleh buahnya yang berwarna merah mengkilap berukuran 2 – 3 cm. Tumbuh dengan cepat dan buahnya telah muncul walau masih tergolong muda. Sensitif pada cuaca dingin dan tumbuh bagus pada kondisi cukup cahaya serta hangat.

Kegunaan (Fungsi) : Sebagai elemen taman, palem ini dapat dijadikan background, namun dengan buahnya yang cantik, tidak salah bila ia ditempatkan sebagai eye catcher. Ia dapat juga menjadi peneduh pada pinggir kolam, atau ditanam pada sisi jalan masuk. Cocok ditanam tunggal atau berkelompok dengan ketinggian yang berbeda.

20. Palem Segitiga

Palem Segitiga - types species, palm trees care, palm trees tree diseases, shortest palm tree, indoor palm trees - 29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman - honaylandscape.blogspot.com

types species, palm trees care, palm trees tree diseases, shortest palm tree, indoor palm trees

Nama Latin : Neodypsis decaryi
Nama Lain : Madagascan Tree-sided palm, Tringular palm
Famili : Palmae

Keterangan dan Sejarah  : Palem spektakuler dari Madagaskar ini mempunyai batang berbentuk segitiga, karena disusun oleh pangkal daun tiga jalur. Tingginya mencapai 5 m. Anak-anak daun berwarna hijau keabuan dengan tangkai daun agak kecokelatan dan bagian punggungnya berwarna keputihan. Itu sebabnya kadang-kadang palem ini terlihat keperakan bila ditimpa sinar matahari. Karangan bunganya muncul di balik daun terendah, dengan panjang bunga 2,5 cm berwarna putih berkapur.

Kegunaan (Fungsi) : Palem ini ditanam tunggal pada kiri-kanan pintu masuk, hingga memberikan kesan ramah. Sehingga sentral taman keindahannya dapat dinikmati secara utuh.

21. Pandan Bali

Pandan Bali - Yucca elephantipes - Giant yucca, spineless yucca, palm-lily - honaylandscape.blogspot.com

cara merawat pandan bali, yucca elephantipes care,yucca elephantipes cats, yucca elephantipes dying, harga pandan bali, pohon pandan bali, jual pandan bali, pandan bali nama latin, pandan bali wikipedia, pandan bali cabang

Nama Latin : Yucca elephantipes
Nama Lain : Giant yucca, spineless yucca, palm-lily
Famili : Liliaceae

Keterangan dan Sejarah  : Di Jakarta tanaman ini banyak didatangkan dari Bali, namun asalnya dari Meksiko dan guatemala. Batangnya bercabang pada bagian atas, dapat mencapai ketinggian 15 m. Pada puncaknya terdapat daun-daun berbentuk pedang dengan lebar 10 cm membentuk roset. Daun mengkilap berwarna hijau rumput dengan pinggiran kasar dan ujung yang halus. Bunganya berwarna kuning gading dengan tandan besar.

Kegunaan (Fungsi) : Pandan yang besar ini sangat cocok sebagai pengisi salah satu sudut taman. Dapat ditanam tunggal atau beberapa batang berkelompok. Dapat juga dipakai sebagai latar belakang untuk sekelompok elemen taman lainnya atau ditanam di antara batu-batuan di pinggir kolam.

Tulisan Terkait : Tukang Taman Lamongan

22. Pandan Kipas

Pandan Kipas - Pandanus utilis - Crew pine - 29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman - honaylandscape.blogspot.com

jenis batu pandan, jenis batu pandan merah, jenis batu pandan termahal, jenis batu pandan ijo, jenis batu pandan nanas, jenis batu pandan kapas, jenis batu pandan suji

Nama Latin : Pandanus utilis
Nama Lain : Crew pine
Famili : Pandanaceae

Keterangan dan Sejarah  : Sosok pandan tropis dari Madagaskar ini sangat menarik. Daunnya tersusun roset spiral dengan kurva yang panjang dan bertingkat, hingga memperlihatkan bentuk kipas bersusun. Daunnya agak tipis berukuran panjang 2 m dan lebar 10 cm, dengan warna hijau olive tua dengan gerigi di pinggiran daun yang berwarna merah. Bila semakin tua, pandan ini bisa bercabang dan tingginya mencapai 18 m dengan akar-akar menggantung seperti akar penguat, namun membentuk kompisi yang menarik.

Kegunaan (Fungsi) : Keindahan roset spiral pandan ini dapat lebih dinikmati secara utuh bila ditanam pada sentral taman. Dapat juga ditanam sebagai eye catcher di salah satu sisi taman.

23. Palem Phoenix

Palem Phoenix - Phoenix robelinii - Dwarf date palm, palem phinis - 29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman - honaylandscape.blogspot.com

palem phoenix harga,palem kenari phoenix, cara memindahkan tanaman palem phoenix, palem phinis, pohon palem kenari

Nama Latin : Phoenix robelinii
Nama Lain : Dwarf date palm, palem phinis
Famili : Palmae

Keterangan dan Sejarah  : Disebut juga miniatur kurma, yang berasal dari India sampai China. Rata-rata ketinggainnya mencapai 3 m. Daun-daunnya menjuntai ke bawah dengan panjang rata-rata 1,5 m membentuk kurva yang elegan. Buah-buahnya berwarna hitam memanjang berukuran 12 mm. Menyukai kondisi hangat dengan suhu minimum 18oC dan cukup cahaya.

Kegunaan (Fungsi) : Sosoknya yang kecil membuat phoenix mudah ditempatkan sebagai elemen taman. Dapat ditanam dalam kelompok tanaman maupun ditanam beberapa pohon pada pinggiran kolam. Pada taman yang cukup luas ia dapat ditanam berderet sebagai pembatas.

24. Pinus

Pinus - pohon pinus, pengertian pohon pinus, pinus thunbergiana trees, manfaat pohon pinus, tumbuhan pinus, klasifikasi pinus, pinus merkusii, melinjo, nama latin pinus - 29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman - honaylandscape.blogspot.com

pohon pinus, pengertian pohon pinus, pinus thunbergiana trees, manfaat pohon pinus, tumbuhan pinus, klasifikasi pinus, pinus merkusii, melinjo, nama latin pinus

Nama Latin : Pinus thunbergiana
Nama Lain : Japanese black pine
Famili : Coniferaceae

Keterangan dan Sejarah  : Pohon yang juga bahan bonsai ini berasal dari Jepang. Tingginya dapat mencapai 30 m. Tajuk atau daun-daunnya cukup unik. Daun berwarna hijau gelap berukuran panjang 6 – 18 cm. Ujungnya runcing dan terikat ganda pada satu tangkai daun. Buah lonjong berwarna cokelat.

Kegunaan (Fungsi)  : Pinus cantik ini dapat ditanam berderet di sepanjang jalan masuk yang berfungsi sebagai pengarah. Bila telah dibentuk dengan pangkasan dan tajuk yang indah, ia dapat ditanam tunggal atau berkelompok – terutama sering dijumpai pada taman model Jepang.

25. Serut

Bonsai Serut - streblus asper lour, streblus asper wikipedia, streblus asper bonsai, serut streblus asper, tanaman serut streblus asper - 29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman - honaylandscape.blogspot.com

streblus asper lour, streblus asper wikipedia, streblus asper bonsai, serut streblus asper, tanaman serut streblus asper

Nama Latin : Streblus asper
Nama Lain : Serut Jawa, peleh
Famili : Moraceae

Keterangan dan Sejarah  : Elemen taman yang populer ini berasal dari Asia Tenggara dan umumnya tumbuh di dataran rendah. Berbentuk pohon perdu atau pohon dengan tinggi 3 – 14 m. Tajuknya sangat bagus, berdiameter 10 – 30 cm. Daun kecil-kecil berwarna hijau tua mengkilap, permukaannya kasar. Panjang daun 3 – 5 cm dan lebarnya rata-rata 3 cm. Susunan daunnya padat dan rimbun, sehingga dapat dipangkas sesuai dengan keinginan.

Kegunaan (Fungsi) : Serut sering menjadi elemen penting pada taman bergaya Jepang. Serut yang sudah tua dan tinggi, memperlihatkan lekuk-lekuk batang yang artistik sehingga lebih cocok ditanam tunggal. Namun serut dengan tajuk melebar lebih menarik bila ditanam berkelompok pada salah satu sudut atau sisi taman. Cocok ditanam di antara bukit-bukit taman berkontur, dan penambah kesan alami di antara batu-batu alam maupun batu-batu artifisial di pinggir kolam.

Tulisan Terkait : Tips Memilih Jasa Pembuatan Taman

26. Sikas

Sikas - tanaman sikas, cara menanam sikas, sikas revoluta, harga sikas, perawatan tanaman sikas, cycas revoluta prices, cycas revoluta thunb, jual revoluta, jual cycas, cycas revoluta care, cycas revoluta diseases, cycas revoluta yellow leaves, cycas revoluta propagation - 29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman - honaylandscape.blogspot.com

tanaman sikas, cara menanam sikas, sikas revoluta, harga sikas, perawatan tanaman sikas, cycas revoluta prices, cycas revoluta thunb, jual revoluta, jual cycas, cycas revoluta care, cycas revoluta diseases, cycas revoluta yellow leaves, cycas revoluta propagation

Nama Latin : Cycas revoluta
Nama Lain : Japanese Sago Palm
Famili : Palmae

Keterangan dan Sejarah  : Jenis palem ini termasuk populer dikalangan pecinta tanaman. Berumur panjang dan lama pertumbuhannya, hingga dapat mencapai tinggi 5 m. Daun sempit dan membentuk sudut pada ujungnya, dengan panjang rata-rata 10 cm. Tersusun kaku pada tangkai daun yang dapat melebihi 1 m panjangnya. Permukaan daun licin mengkilap, berwarna hijau tua. Ia dapat tumbuh pada kondisi cahaya matahari penuh maupun di bawah naungan. Namun daun-daunnya akan terlihat bagus pada cuaca yang tidak ekstrim.

Kegunaan (Fungsi) : Sering digunakan sebagai central frontispiece pada taman, sehingga detil batang dan daunnya jelas terlihat. Dapat juga ditanam berkelompok dengan ketinggian yang berbeda, untuk mengisi ruang atau sudut taman. Untuk menghilangkan kesan kaku pada kolam, sikas juga dapat ditempatkan pada salah satu sisinya.

27. Siklok

Siklok - agave attenuata description, agave sisalana, agave attenuata care, agave plant, agave attenuata flower,agave attenuata propagation, agave attenuata plant, foxtail agave - 29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman - honaylandscape.blogspot.com

agave attenuata description, agave sisalana, agave attenuata care, agave plant, agave attenuata flower,agave attenuata propagation, agave attenuata plant, foxtail agave

Nama Latin : Agave attenuata
Nama Lain : Dragon tree agave
Famili : Amaryllidaceae

Keterangan dan Sejarah  : Tanaman Tropis kering ini berasal dari Meksiko. Susunan daunnya berbentuk roset dengan tinggi batang dapat mencapai 1 m bila telah dewasa. Daun berbentuk pedang sepanjang sekitar 1 m dan bagian tengahnya lebih lebar. Permukaan dan pinggiran daun halus tanpa gerigi, berwarna hijau keabuan. Karangan bunganya yang berwarna kuning kehijauan dapat mencapai malai sepanjang 3 m hingga membentuk lengkungan yang menawan. Kadang-kadang ia menghasilkan umbi semu.

Kegunaan (Fungsi) : Tanaman ini cocok ditanam di antara batu-batuan, baik sendiri maupun berkelompok. Dapat juga ditanam sebagai latar depan di kelilingi pohon. Atau, secara berkelompok pada sentral taman yang luas.

28. Yuka

Yuka - Yucca australis, Filifera, Liliaceae, 29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman - honaylandscape.blogspot.com

4 tanaman pengusir nyamuk, buku tanaman, tanaman berbuah, jenis tanaman untuk taman, tanaman taman vertikal, tanaman taman kering, tanaman taman lawang, tanaman taman tahan panas

Nama Latin : Yucca australis
Nama Lain : Filifera
Famili : Liliaceae

Keterangan dan Sejarah  : Pohon setinggi 6 – 15 m ini berasal dari Meksiko. Diameter batang dapat mencapai 0,5 – 1 m. Daun berwarna hijau bersusun roset pada ujung cabang, membentuk tajuk yang menarik. Daunnya berbentuk pedang yang kaku dengan ujung runcing sepanjang 45 cm dan lebar 5 cm. Pinggiran daun berbenang kasar dengan bunga berwarna putih krem bergerombol dan menjuntai ke bawah.

Kegunaan (Fungsi) : Tanaman dengan tajuk dan cabang-cabang yang artistik ini menarik untuk ditanam sebagai sentral taman, dengan menanamnya secara berkelompok dengan ketinggian berbeda. Dapat dikombinasikan dengan tanaman siklok di bawahnya.

29. Zamia

Zamia - zamia sp, zamia furfuracea care, jual zamia furfuracea, harga zamia furfuracea, bluclone furfuracea, furfuracea 1970, varigata zamia bluclone, cycas revoluta, zamioculcas zamiifolia - 29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman - honaylandscape.blogspot.com

zamia sp, zamia furfuracea care, jual zamia furfuracea, harga zamia furfuracea, bluclone furfuracea, furfuracea 1970, varigata zamia bluclone, cycas revoluta, zamioculcas zamiifolia

Nama Latin : Zamia furfuracea
Nama Lain : Jamaican Sago Tree
Famili : Palmae

Keterangan dan Sejarah  : Batangnya berupa bonggol, diameternya mencapai 10 cm. Daun oval sepanjang 10 – 15 cm, berwarna hijau kebiruan. Daun-daun ini tersusun teratur dan kaku pada tangkai yang panjangnya mencapai 1 m, dan tumbuh mendatar lalu menjuntai menyentuh tanah membentuk lengkungan. Tanaman langka ini sangat lambat pertumbuhannya. Ada juga varietas yang mempunyai daun-daun muda berwarna kuning dan menjadi hijau bila telah tua.

Belum ada Komentar untuk "29 Jenis Tanaman yang Sering Dijadikan Penghias Taman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel